Pengertian Layanan
Pengertian layanan
Pelayanan pada dasarnya dapat didefinisikan sebagai aktifitas seseorang, sekelompok atau organisasi baik langsung maupun tidak langsung untuk memenuhi kebutuhan. Moenir Mengatakan bahwa pelayanan adalah proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas orang lain secara langsung.
Apa itu pelayanan dan layanan?
Layanan adalah suatu tindakan sukarela dari satu pihak ke pihak lain dengan tujuan hanya sekedar membantu.atau adanya permintaan kepada pihak lain untuk memenuhi kebutuhannya secara sukarela. Pelayanan adalah aspek yang tidak bisa disepelehkan dalam persaingan bisnis manapun.
Apa itu pelayanan menurut para ahli?
Berikut pengertian pelayanan menurut beberapa ahli: Menurut Kotler (Laksana, 2018:85), pelayanan adalah setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun.
Apa yang dimaksud dengan jasa layanan?
Menurut Supranto (2006, p227), jasa/pelayanan merupakan suatu kinerja penampilan, tidak berwujud dan cepat hilang, lebih dapat dirasakan daripada dimiliki, seta pelanggan lebih dapat berpartisipasi aktif dalam proses mengkonsumsi jasa tersebut.
Pelayanan jasa apa saja?
Jenis-Jenis Usaha Jasa
- Jasa Transportasi. Transportasi merupakan suatu cara untuk mengangkut dan memindahkan barang atau manusia dari tempat asal ke tempat tujuan.
- 2. Jasa Pelayanan Kesehatan. ...
- 3. Jasa Pendidikan. ...
- 4. Jasa Penulis. ...
- Jasa Editor. ...
- 6. Jasa Fotografi dan Videografi. ...
- 7. Jasa Servis Elektronik. ...
- Jasa Desain Grafis.
Apa kata lain dari pelayanan?
Menurut Tesaurus Bahasa Indonesia, sinonim kata pelayanan adalah servis, bantuan, jasa, ladenan, reparasi.
Apa fungsi dari pelayanan?
Fungsi pelayanan merupakan salah satu fungsi primer yang harus dijalankan pemerintah untuk mencapai tujuan Negara Indonesia. Menurut Sedarmayanti (2009:243) pelayanan berarti melayani suatu jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam segala bidang.
Apa yang dimaksud dengan tujuan pelayanan?
Tujuan sistem pelayanan adalah memberikan pelayanan yang dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan atau masyarakat serta memberikan fokus pelayanan kepada pelanggan. Pelayanan dalam sektor publik didasarkan pada aksioma bahwa “pelayanan adalah pemberdayaan”.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan pelayanan brainly?
Pelayanan adalah suatu kegiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antara seseorang dengan orang lain atau mesin secara fisik dan menyediakan kepuasan pelanggan.
Apa itu kualitas layanan jasa?
Definisi kualitas layanan atau kualitas jasa menurut Wyckof (Tjiptono, 2002:59) adalah sebagai berikut : Kualitas jasa adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan.
Apa tujuan dari pelayanan prima?
Secara umum tujuan pelayanan prima yaitu memberikan pelayanan sehingga bisa memenuhi dan memuaskan para pelanggan sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan yang maksimal.
Apa perbedaan layanan dan pelayanan?
Layanan adalah suatu tindakan sukarela dari satu pihak ke pihak lain dengan tujuan hanya sekedar membantu atau adanya permintaan kepada pihak lain untuk memenuhi kebutuhannya secara sukarela. Pelayanan adalah aspek yang tidak bisa disepelehkan dalam persaingan bisnis manapun.
Apa saja jenis pelayanan publik?
Materi Pelayanan Publik : Jenis Pelayanan Publik Dan Asas Pelayanan Publik
- Pelayanan Administratif.
- Pelayanan Barang. ...
- Pelayanan Jasa. ...
- Pelayanan Regulatif.
Apa saja ciri ciri jasa?
Ciri-ciri perusahaan jasa Tidak menyediakan produk dalam bentuk barang. Hasil dari pembelian produk jasa tidak dapat disamakan dengan yang dirasakan setiap konsumen. Tidak memiliki standar harga yang umum. Tidak ada kepemilikan barang oleh konsumen.
Apa pengertian pelayanan usaha menurut KBBI?
Pelayanan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sebagai suatu usaha untuk membantu menyiapkan atau mengurus apa yang diperlukan orang lain.
Apa saja unsur unsur pelayanan?
Unsur-unsur kualitas pelayanan yang dikutip dalam Saleh (2010:106) antara lain adalah sebagai berikut :
- Penampilan.
- Tepat Waktu dan Janji. ...
- Kesediaan Melayani. ...
- Pengetahuan dan Keahlian. ...
- Kesopanan dan Keramah Tamah. ...
- Kejujuran dan Kepercayaan. ...
- Kepastian Hukum. ...
- Keterbukaan.
Apa saja prinsip prinsip pelayanan?
PRINSIP-PRINSIP PELAYANAN PUBLIK
- Kesedehanaan.
- Kejelasan dan Kepastian. ...
- Kepastian Waktu. ...
- Akurasi. ...
- Keamanan. ...
- Tanggung Jawab. ...
- Kelengkapan Sarana dan Prasarana. ...
- Kemudahan Akses.
Bagaimana sistem pelayanan?
Sistem pelayanan merupakan suatu kegiatan atau urutan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang pada suatu organisasi perusahaan atau badan usaha untuk memberikan bantuan dan kemudahan pada masyarakat yang mempunyai kepentingan dalam organisasi itu dalam rangka mencapai tujuan sesuai dengan aturan
Pelayanan yang baik itu seperti apa?
Ciri -Ciri Pelayanan Yang Baik Pengertian pelayanan yang baik adalah kemampuan perusahaan dalam memberikan pelayanan yang dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan standar yang telah ditetapkan.
Apa yang dimaksud dengan proses pelayanan?
Adapun pengertian prosedur pelayanan tersebut, menurut KEPMEN PAN No. 26 tahun 2004 Tentang Petunjuk Teknis Transparansi Dan Akuntabilitas Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik, menjelaskan bahwa Prosedur pelayanan adalah rangkaian proses atau tata kerja yang berkaitan satu sama lain, sehingga menunjukkan adanya
Post a Comment for "Pengertian Layanan"