Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dasar Perhitungan Pbb

Dasar perhitungan pbb

Dasar perhitungan pbb

Cara menghitung PBB

  1. NJOP= (NJOP Bumi: luas tanah x nilai tanah) + (NJOP Bangunan: luas bangunan x nilai bangunan)
  2. NJOPTKP= Besarannya ditentukan oleh pemerintah.
  3. Nilai NJKP= NJOP - NJOPTKP.
  4. Sesuai ketentuan, besaran NJKP (%) bisa 40 persen atau 20 persen dari NJOP.

Dasar apa yang menjadi penetapan NJOP untuk bumi dan bangunan?

Faktor dasar penetapan NJOP Bumi yaitu letak, pemanfaatan, peruntukan dan kondisi lingkungan. Selain itu, faktor dasar penetapan NJOP Bangunan adalah bahan yang digunakan dalam bangunan, rekayasa, letak, dan kondisi lingkungan.

Berapa biaya pajak bumi dan bangunan?

Untuk rumus dasar perhitungan pajak PBB adalah 0.5% dikali dengan NJKP (Nilai Jual Kena Pajak). Sedangkan untuk memperoleh nilai NJKP adalah 20 persen dikali NJOP (Nilai Jual Objek Pajak).

Apakah NJOP sama dengan PBB?

Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) merupakan dasar pengenaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), baik PBB sector Perkotaan dan Perdesaan (PBB P2) maupun PBB sector Perkebunan, Perhutanan, dan Pertambangan (PBB P3).

Apakah tarif PBB tiap daerah berbeda?

Pada dasarnya tarif PBB di setiap daerah berbeda-beda.

Bayar PBB berdasarkan apa?

Dasar Penghitungan cara bayar PBB telah diatur dalam Pasal 6 UU No. 12 Tahun 1985, UU No.12 Tahun 1994, dan PP No.25 Tahun 2002. Beberapa hal penting yang menentukan jumlah pajak yang harus dibayar antara lain, Nilai Jual Objek Pajak (NJOP), Nilai Jual Objek Tidak Kena Pajak (NJOTKP), dan Nilai Jual Kena Pajak (NJKP).

Besarnya NJOP ditentukan berdasarkan klasifikasi apa saja?

Besarnya NJOP ditentukan berdasarkan klasifikasi: 1. Objek pajak sektor pedesaan dan perkotaan; 2. Objek pajak sektor perkebunan; 3. Objek pajak sektor atas hak pengusaha hutan, hak pengusaha hasil hutan, izin pemanfaatan kayu serta izin sah lainnya selain hak pengusaha hutan tanaman industri.

Berapa besarnya Njoptkp bagi PBB?

Besarnya NJOPTKP hanya berlaku untuk PBB selain sektor perdesaan dan perkotaan ditetapkan sebesar Rp12 juta. Dasar hukum lainnya soal NJOPTKP juga diatur dalam Kemudian pasal 3 dan 4 UU No.12/1985 tentang Pajak Bumi dan besarannya adalah Rp8 juta per wajib pajak.

Apa yang membedakan PBB P2 dan PBB P3?

Objek pajak dari PBB-P2 sesuai dengan namanya, yaitu bumi dan bangunan yang ada di wilayah perkotaan dan perdesaan, seperti apartemen, rumah susun, hotel, pabrik, tanah kosong, dan sawah. Sedangkan objek pajak PBB-P3 adalah perkebunan, perhutanan, pertambangan dan sektor lainnya.

Apa saja yang termasuk ke dalam subjek PBB?

Definisi dari subjek Pajak Bumi dan Bangunan (subjek PBB) merupakan orang pribadi atau badan yang secara sah dan nyata memiliki hak atas bumi, memperoleh manfaatnya, memiliki dan menguasai bangunan tersebut, serta merasakan manfaatnya.

NJOP per meter itu apa?

NJOP Adalah Nilai Jual Objek Pajak Jika tidak terdapat transaksi jual beli, Nilai Jual Objek Pajak ditentukan melalui perbandingan harga dengan objek lain yang sejenis, atau nilai perolehan baru, atau Nilai Jual Objek Pajak Pengganti.

Siapa yg menetapkan NJOP?

NJOP ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Daerah (Bupati atau Walikota). NJOP tanah ditetapkan dengan satuan rupiah per meter persegi tanah sesuai lokasi tanah, yang tercermin dalam zona nilai tanah.

Kenapa PBB berbeda beda?

Besar tarif tersebut ditetapkan oleh masing-masing pemerintah daerah, sehingga PBB di satu wilayah akan berbeda dengan PBB di wilayah lainnya.

Apakah tanah kosong harus bayar PBB?

Perhitungan pajak tanah kosong Jadi, besaran pajak belum ditetapkan oleh pemerintah. Walaupun demikian, tanah kosong bisa saja dikenakan pajak progresif yang dibebankan pada Pajak Penghasilan (PPh) dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Apakah tarif PBB bersifat permanen?

Selain unik nomor ini juga bersifat permanen dimana nomor ini akan tetap selama objek tersebut tidak mengalami perubahan walaupun berubah nama subjek pajaknya, misalnya dalam kasus jual beli tanah antara A dan B, B sebagai pembeli tanah akan mempunyai Nomor Objek Pajak atas objek pajak yang sama dengan pada waktu

Pak Raya mempunyai perhitungan kena pajak PBB sebesar 225 juta dimana nilai jual kena pajak 20% dan besarnya tarif PBB 0 5 Maka PBB yang harus dibayar adalah?

Pak raya mempunyai perhitungan kena pajam PBB sebesar Rp.225.000.000 dimana nilai jual kena pajak 20% dan bedarnya tarif PBB 0,5% maka PBB yang harus dibayar tuan raya adalah Rp.225.000.

Apakah nilai NJOP bisa berubah?

NJOP bisa berubah-ubah tergantung dengan naik turunya harga tanah dan properti bersangkutan.

Berapa NJOP tidak kena pajak?

pengganti. 9. Nilai Jual Objek Pajak Tidak Kena Pajak yang selanjutnya disingkat NJOPTKP adalah batas NJOP atas bumi dan/atau bangunan yang tidak kena pajak. (1) Besarnya NJOPTKP ditetapkan sebesar Rp 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) untuk Objek Pajak yang terletak di Daerah.

Kenapa harus ada Njoptkp?

NJOPTKP adalah singkatan dari Nilai Jual Objek Pajak Tidak Kena Pajak. NJOPTKP merupakan batas Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) atas bumi dan bangunan yang tidak kena pajak. Dalam hal ini, NJOPTKP berguna untuk menghitung Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Kenapa Njoptkp bisa 0?

Kemungkinan NJOPTKP = 0 adalah karena NJOPTKP tersebut sudah habis digunakan untuk objek pajak lainnya yg dimiliki oleh WP yang sama.

11 Dasar perhitungan pbb Images

Pola Dasar Baju Wanita Dengan gambar  Pembuatan pola Menjahit Pola

Pola Dasar Baju Wanita Dengan gambar Pembuatan pola Menjahit Pola

Dasar bambang tak tau diri Exo Kai Baekhyun Exo Derp Face Reaction

Dasar bambang tak tau diri Exo Kai Baekhyun Exo Derp Face Reaction

BTS

BTS

Engineer Estimate Contoh Back Up Perhitungan Volume Autocad Backup

Engineer Estimate Contoh Back Up Perhitungan Volume Autocad Backup

Renjun    Nct dream Nct Boyfriend material

Renjun Nct dream Nct Boyfriend material

Pilkada DKI Jakarta 2017 putaran kedua diikuti pasangan AhokDjarot

Pilkada DKI Jakarta 2017 putaran kedua diikuti pasangan AhokDjarot

Pin on Bagi Bagi Berita

Pin on Bagi Bagi Berita

Pola dasar baju  Sewing clothes women Sewing tutorials clothes

Pola dasar baju Sewing clothes women Sewing tutorials clothes

Pin on EvaMaria Birkhoff Illustration

Pin on EvaMaria Birkhoff Illustration

Pin on RANDOM MENGG

Pin on RANDOM MENGG

Post a Comment for "Dasar Perhitungan Pbb"